Rabu, 6 Juli 2022
Advertisment
BerandaLiputanBudayaBatik Salatiga Siap Go Internasional

Batik Salatiga Siap Go Internasional

Wali Kota Yuliyanto mengajak seluruh elemen masyarakat Kota Salatiga senantiasa memberikan kontribusi dalam membangun wilayah.

Salah satunya dengan melestarikan batik khas Salatiga. Terlebih Kota Salatiga akan mengikuti kompetisi Kota Kreatif Dunia dengan mengusung Gastronomi History.

“Harapannya batik khas ini dapat mendukung dan memperoleh kesempatan untuk berkiprah di kancah internasional,” kata Yuliyanto kala memperingati Hari Batik Nasional 2021.

Menurutnya, peringatan Hari Batik bukan sekedar hari untuk mengenang batik semata. Namun lebih dari itu, tanggung jawab penting untuk senantiasa melestarikan batik melalui peran dan fungsi masing-masing.

Terlebih pesatnya perkembangan teknologi dan informasi sekarang ini berpengaruh dengan perkembangan fashion yang modern.

Peringatan Hari Batik Nasional tahun 2021 Tingkat Kota Salatiga ini juga diisi dengan berbagai kegiatan seperti peragaan busana batik serta praktik membatik yang diikuti puluhan anak. Sementara itu, penghargaan juga diberikan kepada para pegiat batik asal Kota Salatiga.

Pada Peringatan Hari Batik Nasional ini, Wali Kota Yuliyanto mengapresiasi serta berterimakasih kepada para perajin batik, pengusaha batik, serta pemakai batik. Karena turut serta menjaga dan melestarikan warisan leluhur budaya nenek moyang bangsa.

” Ini semua sebagai bentuk kontribusi Kota Salatiga terhadap pelestarian identitas budaya bangsa,” tandasnya.

Hari Batik Nasional yang diperingati setiap tanggal 2 Oktober merupakan wujud kebanggaan atas ditetapkannya batik sebagai warisan kemanusian untuk budaya lisan nonbendawi oleh UNESCO.

Harapannya penetapan hari batik tersebut dapat semakin menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan salah satu warisan budaya Indonesia.

Di Kota Salatiga terdapat enam UMKM yang memproduksi batik khas Salatiga. Akan terus dioptimalkan untuk menjaga kelestarian batik di Kota Salatiga. Salah satunya Omah Dhani.

Galleri batik milik Chusnulia Wardani ini membuat aneka batik tulis dengan motif khas Salatiga. Mulai dari gulo kacang, enting-enting, ronde, dokar, hingga ikan.

“Batik memang harus dikembangkan dan dilestarikan sebagai budaya bangsa. Maka dari itu, saya ingin membuat sesuatu yang khas Salatiga,” tutur Dhani, sapaan akrabnya. (sas/ida)

Artikel ini telah terbit di :
https://radarsemarang.jawapos.com/berita/jateng/salatiga/2021/10/04/batik-salatiga-siap-go-internasional/

TULISAN TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -

Terbaru

Komentar Terbaru